Wednesday, 01 May 2024
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

Religion Day Sekum YPS, Dirsekum : “Wujud Nyata Keberagaman dan Toleransi di Sekolah Umum YPS”

Sorowako- Sekolah Umum (Sekum) Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) kembali menggelar kegiatan Religion Day pada Jumat, (29/09/2023). Pelaksanaan Religion Day kali ini menjadi berbeda dengan gelaran Religion Day sebelumnya. Pasalnya, ini untuk pertama kalinya sepanjang perayaan Religion Day semua guru dan siswa mulai dari TK hingga SMA dikumpulkan dalam satu area. Kegiatan terpusat di area Lawewu (SD YPS Lawewu, SD YPS Singkole, dan SMP YPS Singkole). 

Meski kegiatan dipusatkan pada satu area, namun pelaksanaan aktivitas keagamaan digelar di tempat yang berbeda. Untuk siswa Muslim, kegiatan dipusatkan di panggung pementasan SMP YPS Singkole. Seluruh siswa Muslim, dari TK-SMA berkumpul mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Religion Day. Bagi siswa Muslim, Religion Day kali ini begitu spesial karena bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Selain menggelar doa bersama, Religion Day kali ini diisi dengan lomba Bunga Male sebagai bagian dari perayaan kelahiran Nabi. 

Untuk agama Kristen, semua siswa dari TK-SMA mengikuti agenda pembukaan Religion Day dan doa bersama di Lapangan SD Singkole. Selanjutnya, siswa menuju ke lokasi kegiatan sesuai dengan unit masing-masing. TK di ruang kelas IV AT, SD YPS Lawewu dan SD YPS Singkole di Hall Pepumpua, SMP YPS Singkole di kelas blok 7 dan 8 SMP, dan SMA YPS Sorowako di blok 3 SMP.

Untuk agama Khatolik, semua siswa mengikuti kegiatan di blok 2 SD Lawewu. Kegiatan dimulai dengan pembukaan pada pukul 07.30,  kemudian pada pukul 08.30. 

dilanjutkan dengan Ekaristi. Sementara itu, siswa yang beragama Hindu menggelar kegiatan Yoga dan tari keagamaan Hindu di blok 5 SD YPS Lawewu. 

Semua kegiatan siswa berakhir pada pukul 10.20 Wita. Selanjutnya siswa kembali ke rumah masing-masing. Siang harinya, pada pukul 13.30, dilanjutkan dengan kegiatan Bina Rohani bagi seluruh guru di Sekum YPS. Bina rohani  bagi guru ini juga dipusatkan di area Lawewu, akan tetapi pelaksanaan ibadah dan aktivitas keagamaan lainnya dilaksanakan di lokasi berbeda sesuai dengan agama masing-masing.

Dalam arahannya, Direktur Sekolah Umum YPS, Ibu Sulhaeni menekankan pentingnya saling menghargai dan toleransi dalam kehidupan beragama. Jika setiap orang memiliki sikap toleransi yang tinggi, maka ini akan meminimalisir terjadinya gesekan  antar umat beragama, dan kehidupan antar umat beragama pun akan terjalin dengan tentram dan damai.

“Keberagaman di Sekum YPS ini adalah sebuah keniscayaan. Baik siswa maupun guru berasal dari berbagai suku dan agama yang berbeda. Kegiatan Religion Day hari ini merupakan wujud nyata keberagaman dan sikap toleransi di Sekum YPS”. Tegas Dirsekum.

Religion Day merupakan kegiatan rutin terprogram, dilaksanakan setiap akhir bulan oleh Sekolah Umum YPS. Program ini bertujuan untuk memperkokoh rasa saling menghargai dan menghormati perbedaan antarwarga Sekum YPS. Setiap unit akan mendapat giliran sebagai panitia pelaksana. Bertindak sebagai pelaksana pada Religion Day kali ini adalah unit SMP YPS Singkole. 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR