Wednesday, 01 May 2024
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

Siswa SMP YPS Singkole Sabet Tiga Trofi pada Ajang Mathematic Competition 2023

Siswa SMP YPS Singkole Sabet Tiga Trofi pada Ajang 

Mathematic Competition 2023

Sorowako- Sebanyak enam orang siswa SMP YPS Singkole mengikuti lomba Mathematics Competition 2023 di Aula B Kampus 1 Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP), pada Sabtu dan Minggu, 25-26 Februari 2023. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Pendidikan Matematika Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP).

Keenam siswa tersebut adalah Rigel Trianto Todingan Pongsilurang kelas 9E, Chasia Fidela Christy kelas 8A, Muhammad Joureal Kaori kelas 8E, Allycia Nadine Veronica Reston kelas 8D, Pragyta Emely Randan kelas 7A, dan Michael Patih kelas 7F. 

Dari enam utusan SMP YPS Singkole tersebut, tiga di antaranya berhasil membawa pulang trofi juara. Rigel Trianto Todingan Pongsilurang berhasil keluar sebagai juara 1. Sementara, Allycia Nadine Veronica Reston dan Chasia Fidela Christy masing-masing berhasil meraih juara harapan 1 dan juara harapan 2 pada ajang yang diikuti oleh 62 peserta perwakilan dari seluruh SMP se-Tana Luwu dan Toraja tersebut.

Prestasi yang diraih oleh anak-anak ini mendapat perhatian dan apresiasi yang tinggi dari manajemen dan seluruh guru SMP YPS Singkole. Mengingat tidak mudah untuk menjadi juara pada kompetisi ini. Peserta harus melewati babak penyisihan, perempat final (listening game), semi final (matriks game), dan final (tender game). Pada tahapan-tahapan inilah peserta harus mampu menunjukkan skill dan bakat di bidang matematika.

Selain itu, meski di tengah kesibukan aktivitas akademik sekolah ditambah minimnya persiapan dan latihan, namun tim ini tetap unggul dan bisa mengharumkan nama SMP YPS Singkole.

Wayan Henny Novianti, selaku guru pembina sekaligus pendamping tim ini, sangat berharap ke depan makin banyak siswa-siswi SMP YPS Singkole yang bisa terlibat dalam kompetisi seperti ini. 

“Oleh karena itu, pembinaan dan pelatihan perlu ditingkatkan agar lebih banyak siswa yang bisa memiliki kesempatan untuk berprestasi dan mengharumkan nama baik SMP YPS Singkole di semua level kompetisi.” Ungkapnya.

Saat ini, keenam siswa tersebut sedang mengikuti karantina dan mendapatkan pelatihan khusus dari pembina matematika SMP YPS Singkole. Karantina ini akan berlangsung selama satu pekan efektif guna memaksimalkan persiapan mereka dalam mengikuti lomba serupa yang akan digelar di Universitas Hasanuddin pada bulan Maret mendatang.

Penulis: Arifin T. Badu

KELUAR