Friday, 03 May 2024
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

Ribuan Siswa Sekum YPS Terlibat dalam Penyambutan Presiden Joko Widodo di Sorowako

Sorowako- Lebih dari 1000 siswa Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Sorowako terlibat dalam penyambutan Presiden RI, Ir. Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya ke Sorowako pada Kamis, 30/03/2023. Ratusan siswa tersebut merupakan gabungan dari seluruh unit Sekolah Umum YPS dari TK hingga SMA.

Keterlibatan para siswa ini, sudah dipersiapkan dengan matang oleh panitia penyambutan RI-1 Sekum YPS sejak beredar kabar mengenai kunjungan presiden ke Sorowako. Panitia yang dikomandoi oleh Bapak Alexander Lody Kolatlena ini telah melakukan sejumlah persiapan dalam menyambut kedatangan presiden. Di antaranya adalah menyiapkan tim siswa untuk dilakukan pembinaan dan latihan dalam penyambutan presiden.

Para siswa yang telah dilatih tersebut akan mengisi rangkaian acara penyambutan mantan walikota Solo tersebut. Mulai dari penyambutan di Bandar Udara Sorowako hingga melakukan aktivitas penanaman di area Nursery PT. Vale Indonesia. Sebanyak 40 siswa menyambut orang nomor satu di Indonesia itu dengan tari Monsado. Tari tradisional Sorowako yang digelar untuk menyambut tamu penting atau pemimpin yang berkunjung ke Sorowako. 

Sebanyak 101 siswa SMP dan SMA yang tergabung dalam Tim Marching Band Sekum YPS mengiringi langkah kaki rombongan  Presiden saat memasuki area Nursery. Sebanyak 254 siswa diplot di empat area Nursery, yaitu di area penyemaian, pembibitan, penanaman bunga, dan di depan panggung peresmian Taman Kehati Sawerigading. 

Sementara itu, ratusan siswa lainnya tumpah ruah di sepanjang jalan Soemantri Brojonegoro. Siswa beserta para guru dan warga berjejer di sisi jalan kawasan Bandara Sorowako antusias melihat iring-iringan kendaraan presiden. Rombongan presiden yang melewati area itu disambut riuh teriakan kegembiraan siswa dan warga yang sudah menunggu sejak pukul 12.30 wita. Meski terik dan sempat diguyur hujan, namun antusias masyarakat untuk sekadar dapat melihat wajah pemimpin yang dikenal sederhana itu tidak terbendung. 

“Senang bisa menyambut  kedatangan presiden. Baru pertama mengikuti acara seperti ini. Meski terik dan hujan kami tetap bertahan untuk melihat Pak Jokowi,”ungkap Edward, siswa SMP YPS Singkole.

“Semoga bisa dapat hadiah kaos dari presiden”. Ungkapnya penuh harapan. 


Kedatangan Joko Widodo ke Sorowako merupakan bagian dari agenda kunjungan kerja presiden ke Sulawesi Selatan. Dalam agendanya ke Sorowako, Mantan Gubernur DKI Jakarta Periode 2012-2014 ini mengunjungi sejumlah lokasi. Di antaranya ke Pasar Malindungi untuk menyerahkan Bantuan Modal Kerja (BKM) ke sejumlah pedagang.

Selanjutnya Jokowi menuju kawasan PT. Vale Indonesia, melakukan peninjauan area tambang, peninjauan area produksi di Smelter PT. Vale, peninjauan nursery, dan peresmian Taman Kehati Sawerigading Wallacea. Setelah semua agenda di Sorowako selesai, Presiden Jokowi beserta rombongan kembali ke Bandara Sorowako untuk melanjutkan perjalanan ke Jakarta.

Penulis: Arifin T. Badu

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR