Saturday, 01 Oct 2022
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

Mengukir Prestasi Setelah Pandemi, Tim Biology Event SMA YPS Soroako Raih 2 Gelar Juara Tingkat SMA Se-Sulselbar

Tim Biologi Event SMA YPS Soroako berhasil mengukir prestasi dalam ajang Biology Event yang dilaksanakan oleh Jurusan Biologi Fakultas MIPA Universitas Hasanuddin. Dalam event tahunan ini, tim SMA YPS Soroako untuk pertama kalinya berpartisipasi dan pulang dengan membawa 2 gelar yakni Juara 2 Lomba Esai Ilmiah dan Juara 3 Lomba Poster Biologi.

Tim esai ilmiah SMA YPS Soroako berhasil meloloskan 3 tim untuk maju pada babak presentasi 10 esai terbaik namun  juara untuk lomba esai dipersembahkan oleh Azizah Ainul Mujahidah Amri dan Winny Putri Anggraeni yang merupakan siswa kelas XII MIPA 2. Esai berjudul “ Terumbu Karang Imitasi Sebagai Upaya Penanggulangan Kerusakan Terumbu Karang dalam Menjaga Ekosistem Laut di Indonesia” Ini berhasil menarik perhatian dewan juri dalam presentasi 10 besar esai terbaik pada hari Ahad, 28 Agustus 2022 di Universitas Hasanuddin. Azizah dan Ainul berhasil mengalahkan 8 tim esai terbaik lainnya dari berbagai sekolah se Sulawesi Selatan dan Barat.  Juara 1 lomba esai ilmiah diraih oleh SMA Kristen Barana dan juara 3 diraih oleh tim MAN 1 Polewali Mandar.

Sementara itu untuk Lomba Poster Biologi, gelar juara diraih oleh Feby Nathania dan Einovly Marchy,  siswa kelas XI MIPA 2, dengan judul poster “Save me and I will save you”. Feby dan Einovly mampu meraih nilai tertinggi dalam presentasi di hadapan dewan juri. Juara 1 lomba poster diraih oleh SMA Islam Athirah Bone dan Juara 2 diraih oleh MAN 1 Polewali Mandar.

Selain lomba esai ilmiah dan poster biologi, SMA YPS Soroako juga mengirimkan siswa terbaik dalam Olimpiade Biologi dalam event yang sama. Dari 5 siswa yang mengikuti lomba ini, salah seorang, Karenina Cendana Ayu berhasil masuk peringkat ke 13 dari 100 peserta. Namun belum berhasil  masuk pada babak penyisihan ke 2. 

Secara umum tim olimpiade masih dapat bersaing dengan sekolah-sekolah unggulan di Sulawesi Selatan. Tim pembina yakni Bapak Andi Lukman A.M., dan Bapak Jupri akan melakukan evaluasi terkait hasil yang telah diraih oleh tim Biology Event SMA YPS Soroako dalam menyiapkan tim terbaik pada event yang sama pada tahun berikutnya. 

Berikut nama siswa peserta Biology Event:

Lomba Esai

  1. Azizah Ainul Mujahidah Amri dan Winny Putri Anggraeni
  2. Nadya Machapagal Toly dan Levika Filadevia
  3. Muh. Akbar Rifai Mardan dan Rakha Abshori Setiawan

Lomba Poster

  1. Cahya Aprilla dan Hijrah 
  2. Feby Nathania dan Einovly Marchy 

Olimpiade Biologi

  1. Karenina Cendana Ayu
  2. Jessica Widyatmoko Pilo
  3.  Stevani Grace
  4.  Agata Palempangan 
  5.  Anantha Arbella Montolalu 

Selamat dan Sukses untuk para siswa peserta Biology Event beserta tim guru pembina.

KELUAR