Saturday, 01 Oct 2022
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

Tahun Ajaran Baru SMP YPS Singkole Gelar Pengenalan Lingkungan Sekolah dengan Metode Bridging Course

Sejumlah siswa SMP YPS Singkole menerima materi Briging Course secara tatap muka. (DOK. Tim Publikasi SMP YPS Singkole) 

Sorowako- Mengawali tahun ajaran baru 2022-2023, SMP YPS Singkole melaksanakan kegiatan pengenalan lingkungan sekolah selama lima hari, 11-15 Juli 2022. Kegiatan ini digelar dengan menerapkan prinsip-prinsip Bridging Course. Bridging Course merupakan program matrikulasi untuk meningkatkan kemampuan awal siswa di tingkat SMP mengenai materi pada beberapa mata pelajaran. 

Sejalan dengan prinsip Bridging Course tersebut, materi yang disajikan selama kegiatan berlangsung merupakan materi yang relevan dengan mata pelajaran. Di antaranya kecakapan literasi dan numerasi (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS),  English Literacy (Bahasa Inggris), teknik belajar kolaboratif (TIK), serta disiplin positif (PKn dan BK).

Selain itu, peserta didik juga menerima materi yang berkaitan dengan aktivitas edukatif di sekolah, antara lain Tata Tertib Sekolah, Asesmen diagnostik kognitif, pengenalan kegiatan ekstrakurikuler dan organisasi kesiswaan, Sistem Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar dan Profil Pelajar Pancasila, dan out bound.

Kegiatan yang diikuti oleh peserta didik dari seluruh tingkatan kelas ini dilaksanakan di dua lokasi berbeda. Materi yang berkenaan dengan matrikulasi dilaksanakan di dalam kelas. Peserta didik menerima materi di kelas masing-masing. Seluruh guru bertindak sebagai narasumber atau pemateri. 

Sementara itu, khusus untuk outbound  dilaksanakan di luar sekolah. Track Bike Sorowako dipilih sebagai lokasi outbound. Karena selain medannya yang berbukit dan menantang, lokasinya juga tidak jauh dari area sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 14/07/22 ini berakhir pada pukul 12.00. Dalam kegiatan ini, peserta didik secara berkelompok harus melewati empat pos.  Di setiap pos, peserta didik menerima materi yang berkaitan dengan leadership, Teamwork,  dan problem solving.

Oper bola beregu, salah satu materi permainan out bound yang melatih kekompakan dan kerjasama peserta didik. (DOK. Tim Publikasi SMP YPS Singkole) 

Secara resmi kegiatan bridging course SMP YPS Singkole dibuka oleh Kepala Sekolah, Mahmuddin, M.Pd. pada hari Selasa, 12/7/22. Upacara pembukaan dihadiri oleh seluruh siswa dan guru. Dalam sambutannya, Mahmuddin mengatakan bahwa tujuan  bridging course adalah selain untuk membangun keakraban, juga untuk menyiapkan mental dan motivasi peserta didik dalam mengikuti pelajaran di SMP.

“Bridging course adalah program untuk meningkatkan kemampuan awal peserta didik untuk mengenali lingkungan sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dalam belajar. Seluruh aktivitas bridging course  bersifat edukatif dan menyenangkan, sehingga diharapkan peserta didik sudah siap secara substantif dan psikologis dalam mengikuti pembelajaran di SMP YPS.” Terangnya.

Penulis: Arifin T. Badu

KELUAR