Monday, 27 Jun 2022
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

Gelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM),Sekolah Umum YPS Siap Terapkan Kurikulum Merdeka di Tahun Ajaran Baru 2022/2023


Soroako- Sebagai bentuk komitmen dan keseriusan dalam menerapkan kurikulum merdeka pada tahun pelajaran 2022/2023, Sekolah Umum (Sekum) Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) selama lima hari dari tanggal 20 Juni hingga 24 Juni 2022. 

Kegiatan ini akan diikuti oleh seluruh guru di semua unit Sekolah Umum YPS. Kegiatan ini menghadirkan 2 pelatih ahli dari Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) Provinsi Sulawesi Selatan, Dr. Rudi Mansyur dan Dr. Fahrawaty yang akan memberikan pelatihan selama 2 hari, 20-21 Juni 2022.

Dalam arahannya, koordinator kegiatan, Ida Bagus Darmatika menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk membekali dan mempersiapkan para guru dalam menghadapi tahun ajaran baru 2022/2023. Pada tahun ajaran baru tersebut seluruh unit Sekolah Umum YPS akan menerapkan kurikulum merdeka.

“Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka ini akan dilaksanakan selama 5 hari. Hari pertama dan hari kedua workshop akan difasilitasi oleh penerbit Erlangga. Peserta akan dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok 1 tim TK dan SD di Hall Pepumpua yang akan dilatih oleh Dr. Fahrawaty dan kelompok 2 tim SMP dan SMA di Hall SMA YPS yang akan dibimbing oleh Dr. Rudi Mansyur.” Tuturnya.

“Selanjutnya pada hari ketiga sampai hari ke lima, workshop akan dilaksanakan di unit masing-masing. Semua fasilitas yang diperlukan selama workshop, disiapkan oleh masing-masing sekolah.” Tambah Darmatika.

Kegiatan pembukaan diawali dengan sambutan dari pihak penerbit Erlangga. Pada kesempatan tersebut, penerbit Erlangga yang diwakili oleh Kepala Rep. Masamba Bapak Ardan, mengatakan bahwa Erlangga sebagai mitra Sekolah Umum YPS berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik  demi tersedianya sumber belajar di sekolah se-Luwu Timur, khususnya di Sekolah Umum YPS.

Secara resmi, pelaksanaan workshop IKM ini dibuka dengan penuh semangat oleh Direktur Sekolah Umum YPS, Ibu Sulhaeni, pada Senin, 20/06/22, di Hall Pepumpua. Dalam sambutannya Ibu Sulhaeni mengatakan bahwa pelaksanaan workshop ini diharapkan mampu memberi pengetahuan yang lebih bagi guru di Sekum YPS dalam menghadapi tahun ajaran baru mendatang. Sehingga dalam pelaksanaanya nanti, semua guru bisa menerapkan kurikulum merdeka secara optimal dalam pembelajaran.

“Semoga apa yang kita upayakan hari ini, akan menjadi berkah dan memberi manfaat yang baik bagi kita semua demi terwujudnya Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Indonesia yang memiliki Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako.” Tutupnya.

Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan pemberian materi umum oleh Dr. Rudi Mansyur mengenai kebijakan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Pada kesempatan tersebut, Dr. Rudi memberikan gambaran bagaimana kurikulum merdeka ini diterapkan serta instrumen pembelajaran apa saja yang harus disiapkan. 

Selanjutnya materi inti secara detail dijelaskan oleh dua narasumber pada siang hari di masing-masing unit yang sudah ditetapkan oleh panitia. Tim TK dan SD dibimbing langsung oleh Dr. Fahrawaty di Hall Pepumpua. Sementara tim SMP dan SMA dibimbing oleh Dr. Rudy Mansyur di Hall SMA YPS. Pelatihan yang berakhir pada pukul 16.00 tersebut mengangkat topik Kurikulum Operasional Sekolah sebagai materi workshop hari pertama.

*Penulis: Arifin T. Badu

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR