Monday, 27 Jun 2022
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

PERKUAT NILAI KARAKTER SISWA SMP YPS SINGKOLE GELAR BINA ROHANI LINTAS AGAMA

SMP YPS SINGKOLE GELAR BINA ROHANI LINTAS AGAMA

Soroako- Dalam rangka memperkuat nilai karakter dan nilai religius di kalangan siswa, SMP YPS Singkole gelar kegiatan Bina Rohani lintas agama. Kegiatan ini digelar selama 3 hari mulai pada Rabu, 6/4/22 dan berakhir pada Jumat, 8/4/22. 

Bina Rohani merupakan kegiatan yang dilakukan untuk memberikan pengarahan, bimbingan kepada siswa agar dengan sadar dan penuh keyakinan mau melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Tuhan sesuai dengan agama dan kepercayaan yang dianutnya. Sehingga, sikap dan perilaku siswa dapat mencerminkan karakter pribadi yang religius. 

Pembinaan rohani sangat penting untuk dilakukan guna menunjang lahirnya generasi yang cerdas dan religius. Siswa sebagai generasi penerus perlu dibekali sikap dan nilai sehingga akan dihasilkan siswa yang unggul dan berkualitas, baik secara ilmu pengetahuan maupun secara akhlak. Adapun bentuk-bentuk pembinaan rohani yang digelar di SMP YPS Singkole, yaitu:

Bina Rohani Islam (ROHIS)

Pembinaan rohani bagi siswa Islam di SMP YPS Singkole dikemas dalam bentuk Pesantren Ramadhan Virtual. Kegiatan ini dilaksanakan secara online selama 3 hari, 6-8 April 2022. Siswa mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari rumah masing-masing. 

Pesantren Ramadhan Virtual yang mengangkat tema “Unggul Dalam Mutu, Berpijak pada Iman dan Takwa, serta Akhlakul Karimah” ini menghadirkan Ustadz Iman Firmansyah, S.Sos.I., M.Pd. sebagai pemateri tunggal. 

Kang Iman yang juga seorang trainer dan consultant  ini menekankan bahwa modal utama yang harus ada di dalam diri seseorang adalah kecerdasan intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ), dan kecerdasan spiritual (SQ). Jika iman kita baik, ibadah menjadi baik, maka akhlak pun akan menjadi baik. Hasilnya adalah sukses dan bahagia dunia-akhirat.

Bina Rohani Kristen (ROKRIS)

Pembinaan rohani bagi siswa Kristen dimulai pada tanggal 5/4/22. Pembinaan hari pertama ini dilaksanakan secara daring dan menghadirkan Ibu Uci Sumarlin, S.Th., M.PdK., Gr. sebagai pemateri. Tema yang diangkat pada hari pertama ini adalah “Remaja Kristen Cerdas Bermedsos”. 

Pada hari kedua, 6/4/22, kegiatan pembinaan masih dilakukan secara daring pada pukul 08.30-11.30 Wita. Kali ini yang bertindak sebagai pemateri adalah drg. Feralin Rantetasik Rande, M.Kes yang membawakan materi “Remaja Sehat Di Tengah Pandemi”. Sementara yang bertindak sebagai Pelayan Firman adalah Ibu Petta Oti Tampang Allo, S.Th., M.PdK., Gr.

Pada hari ketiga,  Kamis, 7/4/22, kegiatan dilaksanakan secara tatap muka di Gereja Air Hidup Soroako sebagai penutup seluruh rangkaian kegiatan bina rohani Kristen. Bertindak sebagai Pelayan Firman adalah Bapak Max Djama. 

Bina Rohani Katolik (ROKAT)

Pembinaan rohani Katolik dimulai pada Rabu, 6/4/22 secara daring melalui Google Meet. Pembinaan pada hari pertama ini menghadirkan Bapak Edhianus Sirupang dan Ibu Nova Sampelino sebagai pemateri. Kegiatan yang dimulai pada pukul 09.00 – 11.00 Wita ini mengangkat tema “Remaja Katolik Meniti Masa Depan”.

Pada hari kedua, Kamis 7/4/22, tema yang diangkat masih sama dengan tema pada hari pertama. Namun, menghadirkan pemateri yang berbeda. Kali ini yang didaulat untuk memberikan materi adalah Ibu Deviyanti Rezky Bulan dan Bapak Emanuel Randa. 

Bina Rohani Hindu (ROHIN)

Pembinaan rohani siswa Hindu juga dilaksanakan secara daring pada tanggal 6-8 April 2022. Kegiatan ini melibatkan seluruh siswa dan guru Hindu di Sekolah Umum Yayasan Pendidikan Soroako karena tidak representatif untuk dilaksanakan secara terpisah per unit sekolah. 

Tema yang diangkat pada kegiatan ini adalah “Bina Rohani membentuk Insan Beriman, Rukun, Sehat dan Damai dalam Bingkai Keberagaman dan Kebersamaan”. Berbagai materi diperoleh siswa Hindu selama perhelatan kegiatan ini. Mulai dari materi Yoga, Kidung Persembahyangan, hingga materi Berbakti kepada Catur Guru. Pada akhir kegiatan siswa mendapatkan kesempatan untuk menampilkan dirinya dalam melafalkan doa Puja Yoga dan bidang-bidang tertentu yang dikuasai oleh siswa. 

Post Terkait

0 Komentar

KELUAR