Saturday, 01 Oct 2022
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

PENYERAHAN RAPOR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021-2022

PENYERAHAN RAPOR SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2021-2022

SMP YPS SINGKOLE

Soroako- Menandai berakhirnya tahun pelajaran 2021/2022, SMP YPS Singkole menggelar penyerahan rapor semester genap kelas 7 dan 8 pada Jumat, 17/6/2022. Agenda ini dilaksanakan secara tatap muka di setiap kelas dengan tetap menerapkan protokol pencegahan covid-19. 

Jika sebelumnya, penyerahan rapor dilakukan secara terbatas, ini untuk pertama kalinya di masa pandemi penyerahan rapor dihadiri oleh seluruh siswa dan orang tua dalam waktu yang bersamaan. Meski demikian, wali murid diimbau untuk mengambil rapor secara bergantian di ruang kelas masing-masing demi mengurai kerumunan. 

Sebelumnya pada Selasa, 14/6/2022, kepala sekolah dan seluruh tenaga pendidik di SMP YPS Singkole menggelar rapat penetapan kelulusan siswa kelas 9 dan penetapan kenaikan kelas bagi siswa 7 dan 8. Dalam rapat tersebut, kepala sekolah, Mahmuddin, M.Pd., menegaskan bahwa nilai rapor diambil dari penilaian harian (tugas dan ulangan harian), PTS, dan PAT. 

Sementara itu, untuk kenaikan kelas, siswa harus memenuhi syarat-syarat berikut ini: (1) menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam 2 semester pada tahun pembelajaran yang diikuti; (2) mencapai kompetensi pengetahuan dan keterampilan yang disyaratkan minimal sama dengan KKM; (3) nilai kompetensi sikap minimal B (baik);(4) memiliki nilai ekstrakurikuler minimal B (baik); serta (5) kehadiran. Peserta didik yang telah memenuhi poin-poin tersebut, berhak untuk naik ke tingkatan kelas selanjutnya.

Melalui penerimaan rapor ini, diharapkan para siswa memahami kemampuan akademik yang dimiliki. Siswa yang memperoleh nilai maksimal, harus tetap berusaha mempertahankannya. Sementara bagi siswa yang mendapat nilai kurang, perlu untuk lebih giat dalam meningkatkan semangat belajarnya. 

Penyerahan rapor ini merupakan bentuk pertanggungjawaban sekolah kepada orang tua/wali siswa terhadap hasil kegiatan belajar mengajar selama tahun ajaran 2021/2022. Orang tua dapat melihat perkembangan belajar anaknya setiap semester. Dengan demikian orang tua/wali siswa diharapkan dapat terus mendukung putra putrinya dalam proses pembelajaran, baik di sekolah maupun di rumah agar kemampuan akademik anak tetap terasah dengan baik dan benar. 

KELUAR