Saturday, 01 Oct 2022
  • Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS) adalah sebuah yayasan yang didanai oleh PT. Vale Indonesia Tbk (dulu bernama PT. International Nickel Indonesia Tbk, disingkat PT. INCO Tbk).

Profile SD YPS Lawewu

SEJARAH TERBENTUKNYA SD YPS LAWEWU

SD YPS Lawewu berlokasi  di Jl. Gunung Tambora no 1 Sorowako, Magani, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.  Awal berdirinya SD YPS Lawewu diprakarsai oleh Bapak B.N Wahyu, yang mendirikan TK dan SD di wilayah kerja P.T INCO. Berdiri pertama kali di Malili dan beraktivitas dalam kurun waktu tahun 1970 s.d. 1975. Setelah pembangunan perumahan bagi karyawan P.T INCO di Sorowako, karyawan mulai berpindah dari Malili ke Sorowako, maka pembangunan sekolah pun diadakan di Sorowako. TK, SD, SMP yang dibuka oleh P.T INCO pada waktu itu dikelola di bawah Departemen Personalia P.T INCO Sorowako dan berlokasi di area Lawewu  (1975 s.d. sekarang).

SD YPS Lawewu adalah salah satu unit Sekolah yang dikelola oleh Yayasan Pendidikan Sorowako. Berlokasi di kota nikel, Sorowako – Kabupaten Luwu Timur Sulawesi Selatan, SD YPS Lawewu melayani pendidikan bagi anak-anak karyawan PT. Vale Indonesia, sebuah perusahaan tambang international dari Brazil (dulu dikenal dengan PT. Inco). Selain melayani pendidikan bagi anak-anak karyawan, SD YPS Lawewu juga melayani pendidikan bagi anak-anak masyarakat lokal terdampak (MLT).

VISI-MISI SD YPS LAWEWU

Sekolah ini didirikan dengan tujuan memberi fasilitas pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak karyawan dengan guru-guru yang berkualitas. Selanjutnya sekolah ini bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Sorowako (YPS). Visi SD YPS Lawewu adalah membentuk insan berkarakter yang berguna bagi diri sendiri, orang lain, dan lingkungan sekitarnya dengan memelihara kebersihan dan kesehatan lingkungan, mencegah perusakan lingkungan, dan merawat sarana penunjang kelestarian lingkungan. 

Nilai dasar yang dijunjung adalah: 

  • Jujur
  • Tanggung Jawab
  • Peduli
  • Berani
  • Menghormati
  • Pantang Menyerah

PEJABAT KEPALA SEKOLAH SD YPS LAWEWU

Kepala sekolah atau para pejabat yang ditunjuk dan telah berjasa dalam memimpin SD YPS Singkole diantaranya adalah Bapak J.W. Sartomo,Bapak J.L.Sri Janto, Bapak Syaruddin Nurdin, Bapak Dekker F. Rorie, Bapak Stepen Irianto, Bapak Ida Bagus Darmatika, Bapak Alexander Lody Kolatlena.

Di bulan September 2021, SD YPS Lawewu dipimpin oleh Bapak Beny S. Musu, S.T, M.M. , sebagai kepala sekolah dengan 3 Wakil Kepala Sekolah, yaitu:

  • Wakasek Kurikulum: H. Drs. Muh. As’ad Hasan, M.Pd 
  • Wakasek Kesiswaan:  Irma Savitry Zulchaer,S.S.
  • Wakasek Sarana Prasarana:  Taufik, S.Pd.I.

Pada tahun ajaran 2021/2022, SD YPS Lawewu mengelola 21 rombongan belajar untuk 6 tingkatan dengan jumlah peserta didik sekitar 576 siswa dan 31 guru dan staf.

ALAMAT SD YPS LAWEWU

SD YPS Lawewu  beralamat di Jl. Gunung Tambora no.1 Sorowako, Magani, Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dengan kode pos 92984. Untuk mengakses dokumentasi kegiatan sekolah dapat mengunjungi:

Website sekolah : https://sites.google.com/yps.sch.id/sdl/home 

Facebook : https://www.facebook.com/groups/348810382205343

Instagram : sd.yps.lawewu

Email : sd.yps.lawewu@yps.sch.id

FASILITAS YANG DISEDIAKAN SD YPS Lawewu

SD YPS Lawewu menyediakan listrik untuk membantu kegiatan belajar mengajar. SD YPS Lawewu juga menyediakan akses internet untuk mendukung kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lainnya yang berlangsung secara online. SD YPS Lawewu menyediakan ruang kelas dan kantor dengan AC beserta perlengkapan elektronik dan IT penunjang pembelajaran dan pengelolaan sekolah. Provider yang digunakan untuk sambungan internet adalah IndiHome dengan material Serat Optik. Fasilitas internet dapat diakses di seluruh blok kantor dan kelas dengan menggunakan Wifi. Fasilitas yang tersedia di kompleks lokasi SD YPS Lawewu selain ruang kelas, yaitu perpustakaan, kantin, lapangan basket/lapangan pickle-ball, ruang laboratorium IPA, Laboratorium komputer, UKS, mushola, toilet, ruang pertemuan/hall, panggung aksi dan ruang terbuka untuk upacara bendera, lapangan parkir dan pelataran, serta ruang terbuka hijau, kebun sekolah, dan taman-taman sekolah.

SISTEM PEMBELAJARAN  SD YPSLawewu

Pembelajaran di SD YPS Lawewu berlangsung selama lima hari  dalam sepekan, Senin s.d. Jumat.  Pada masa pandemi, pengelolaan pembelajaran dilakukan melalui learning management system Google Classroom dan tatap muka virtual melalui Google Meet, disertai penugasan dan pengayaan materi, games, dan referensi pembelajaran. Pada periode tengah semester laporan evaluasi penilaian tengah semester dilaksanakan dalam pertemuan Student Led Conference (SLC), pertemuan tiga arah yang bermakna antara siswa, orangtua siswa, dan guru dengan komunikasi aktif siswa.

SD YPS Lawewu berusaha mengembangkan karakter dan potensi siswa baik dalam bidang akademik maupun non akademik melalui berbagai kegiatan kesiswaan, ekstrakurikuler, dan pembinaan. Beberapa prestasi yang pernah diraih dalam bidang Matematika, Sains, Bahasa Inggris, hingga aneka cabang olahraga. Di masa pandemi ini, kegiatan literasi menjadi kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa.

AKREDITASI

SD YPS Lawewu memiliki Status Akreditasi “A” berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) Provinsi Sulawesi Selatan tertanggal 7 Oktober 2018 .

admin

Tulisan Lainnya

0 Komentar

KELUAR